Rekomendasi Tempat Wisata Di Wonosobo Yang Menarik

Wonosobo merupakan kabupaten berukuran kecil yang terletak di tengah Pulau Jawa. Kota Wonosobo memiliki arti, yaitu tempat berkumpul di hutan. Jadi tak heran bila kota ini memiliki banyak sumber daya alam berupa pepohonan ataupun perkebunan.  Sebagian besar dari Kabupaten Wonosobo ialah daerah pegunungan. Pada bagian timur, ada dua gunung berapi, yaitu gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.  Pada bagian utara, terdapat Gunung Dieng dan pada bagian selatan terdapat Waduk Wadaslintang.

Meski dikenal karena Negeri Di Atas Awan atau Dieng, namun Wonosobo memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik, unik dan menajubkan. Terdapat wisata alam, air,  edukasi, dan masih banyak yang lainnya. Bagi para pengunjung yang bingung memilih tempat wisata di Wonosobo, jangan khawatir! Karena kami telah merangkum berapa tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Berikut di antaranya :



Daftar Tempat Wisata di Wonosobo


1. Waduk Wadaslintang

Berlokasi di Desa Wadaslintang, waduk ini memiliki pemandangan yang indah, berupa panorama Gunung Sumbing dan Gunung  Sindoro.  Waduk yang memiliki luas 2.626 hektar ini berada di tengah perbatasan dengan memindahkan beberapa desa.  Waduk ini tak pernah sepi oleh pengunjung, lantaran dengan hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 4.000 (dewasa) dan Rp 3.000 (balita) saja sudah mampu menikmati indahnya waduk ini. Walaupun beroperasi 24 jam, disarankan untuk mengunjungi tempat iniketika pagi atau sore hari, karena pada saat jam-jam tersebut, waduk terlihat lebih mengagumkan.  

Selain dimanjakan dengan pemandangannya yang alami dan suasananya yang asri, pengelola setempat menyediakan wisata air dengan berkeliling menggunakan kapal naga. Di waduk ini terdapat perahu dayung dan pearahu mesin. Untuk biaya perahu, para wisatawan cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000 saja.

2. Dataran Tinggi Dieng

Siapa yang tak kenal dengan daratan tinggi satu ini? Daratan tinggi yang menyajikan pemandangan menajubkan yang dapat dilihat di balik awan. Itulah mengapa, orang-orang menyebut Dieng, “Negeri Di Atas Awan.”  Berlokasi di Dusun Bakal Buntu, Bakal, Batur, Banjarnegara, wisata alam ini tak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan.  Baik dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.  Di kawasan tempat wisata Dataran Tinggi Dieng ini, terdapat 37 obyek wisata yang rupanya telah diakui oleh dunia.  Juga, jarak antar obyek wisatanya tak begitu jauh satu sama lain.

Dataran Tinggi Dieng beroperasi setiap hari dan mulai pada pukul 08.00 – 17.00 WIB. Dengan membayar tiket seharga Rp 10.000 saja, para wisatawan dapat memasuki wilayah ini (belum termasuk  biaya per obyek wisata).



3. Telaga Menjer

Telaga yang berlokasi di Desa Maron, Kecamatan Garung ini merupakan telaga terluas sekabupaten Wonosobo.  Memiliki nuansa alam yang begitu asri dan tenang, para pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 saja untuk menikmatinya. Telaga Menjer ini terletak di kaki pegunungan Dieng, tepatnya berada di ketinggian 1.300 mdpl dengan kedalaman 45 meter dan luasnya mencapai 70 Ha.  Telaga Menjer ini dahulunya hanya sebuah mata air kecil, dan kemudian terbentuk akibat Letusan Gunung Pakuwaja.

Selain digunakan sebagai obyek wisata, Telaga Menjer juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Saat berada di tempat wisata satu ini, disarankan untuk mengenakan pakaian hangat dan tebal, lantaran mengingat Telaga Menjer terletak di dataran tinggi yang pastinya berada di suhu rendah.  

Bila hendak menikmati Telaga Menjer secara dekat, pengelola setempat menyediakan perahu untuk membawa pengunjung berkeliling mengitari telaga.  Cukup mengeluarkan biaya sebanyak Rp 10.000 – Rp 20.000 saja. Selain itu, tempat ini juga menyediakan tempat pemancingan bagi para pengunjung yang memiliki hobi memancing. Dan yang menjadi poin plus ialah tak ada biaya yang dibayar untuk memancing, alias gratis!  Tempat wisata ini beroperasi setiap hari selama 24 jam. 


4. Pemandian Air Hangat Kalianget

Bila mencari destinasi wisata untuk melepas penat, Pemandian Air Hangat Kalianget wajib berada di list liburan teratas.  Wisata air ini memiliki dua kolam berukuran 20 x 5 meter yang menampung air panas sedalam satu meter. Destinasi ini sangat cocok bagi wisatawan yang merasakan penat melakukan perjalanan jauh, ditambah dengan hawa dingin Wonosobo membuat siapapun betah untuk berlama-lama.

Selain untuk menghangatkan badan, rupanya air yang ada di kolam ini memiliki kegunaan untuk menyembuhkan penyakit kulit dan badan yang pegal-pegal. Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 3.000 saja , para wisatawan sudah bisa berendam untuk menghilangkan stres ataupun untuk terapi pengobatan. Pengelola setempat juga menyediakan fasilitas umum yang lengkap, di antaranya area parkir, mushola, kamar mandi, dan penginapan.

Untuk menuju wisata air ini, cukup mencarinya lewat google maps beralamatkan  Jalan Raya Wonosobo-Dieng Km. 3. Tempat ini beroperasi setiap hari dan mulai dibuka pada pukul 07.00 – 19.00 WIB.


5. Agrowisata Tanjungsari

Agrowisata Tanjungsari merupakan tempat  wisata yang menyajikan kebun teh yang terbentang luas. Agrowisata ini telah berdiri kokoh sejak tahun 1865 ketika negara kita masih dijajah oleh Belanda. Dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000 saja, para pengunjung sudah bisa menikmati indahnya perkebunan hijau nan sejuk. Selain hanya bisa dinikmati oleh mata saja, para pengunjung juga bisa belajar mengenai perkebunan teh, atau berfoto dengan background kebun  yang begitu indah. 

Agrowisata Tanjungsari berlokasi di Jalan Raya Wonosobo – Purworejo – Semunggang, Sapuran. Untuk menuju tempat ini, pengunjung perlu menempuh jarak yang lumayan dari pusat kota, yaitu sejauh 14 km. Bila menggunakan Jl. Magelang-Yogyakarta atau Jl. Semarang-Yogyakarta, para pengunjung menempuh jarak 78,7 km atau sekitar 2 jam perjalanan.

Selain bisa berfoto dan menikmati sejuknya perkebunan teh, pengunjung juga bisa mencoba fasilitas outbond yang telah disediakan. Fasilitas umum Agrowisata Tanjungsari yang disediakan oleh pengelola setempat juga lengkap. Terdapat pondok wisata, area parkir yang luas, camping ground area, toilet, masjid, dan kolam renang.  Tempat ini beroperasi setiap hari dan mulai buka pada pukul 08.00 – 22.00 WIB.



6. Lubang Sewu

Salah satu tempat wisata unik ini wajib didatangi ketika tiba di Wonosobo.  Sesuai dengan namanya,  wisata ini menyajikan seribu lubang yang dapat ditemukan di permukaan bongkahan batu putih. Uniknya, lubang-lubang yang berada di permukaan batu hanya akan muncul ketika musim kemarau tiba, karena air yang berada di waduk akan surut. Disarankan mengunjungi tempat ini ketika matahari akan tenggelam, karena pemandangannya jauh lebih cantik.

Wisata ini biasanya digunakan sebagai spot foto para pengunjung, lantaran pemandangan bebatuan putih ini begitu eksotik bila ditangkap oleh kamera. Lubang Sewu juga di juluki sebagai  Grand Canyon mininya Wonosobo.  Berlokasi di Jurutengah, Erorejo, Wadaslintang, Lubang Sewu beroperasi setiap hari selama 24 jam. Para pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 saja untuk menikmati wisata unik satu ini. 


Itulah tadi referensi artikel tentang daftar Tempat Wisata Di Wonosobo yang bisa kami bagikan hari ini untuk anda semua. Semoga bisa menambah wawasan dengan beberapa tempat wisata di Wonosobo yang apik dan menarik. Apabila ke Wonosobo,anda bisa berkunjung ke beberapa tempat yang sudah kami bahas tadi.

0 Response to "Rekomendasi Tempat Wisata Di Wonosobo Yang Menarik "

Post a Comment