Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengintip Wisata Kuliner Khas Tegal Terpopuler

Jawa Tengah merupakan wilayah dengan ragam kuliner yang menggugah selera. Tengok saja Kota Tegal. Nama Tegal sendiri pastinya tidak asing di telinga dengan menjamurnya nama tempat makan yang disebut ‘Warung Tegal’ yang menjual masakan rumahan. Nah, di artikel kali ini bakal ngajakin anda untuk wisata kuliner di Tegal dengan mencicipi lima makanan khas nan menggugah selera. Apa saja makanannya? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!



Wisata Kuliner Tegal


Soto Tauco

Tidak jauh berbeda dengan soto khas dari daerah lain, soto tauco khas Kota Tegal menggunakan daging, baik sapi ataupun ayam, sebagai bahan dasarnya. Yang membedakannya adalah campuran tauco dalam kuah tersebut. Soto yang dikenal juga dengan nama sauto ini memiliki pencampuran rasa asin, manis, dan asem. Penasaran sama rasa soto tauco ini? Jangan sampai lupa cicipi makanan khas ini kalau wisata kuliner di Kota Tegal ya!



Olos

Bisa dibilang olos ini makanan khas Kota Tegal yang sering dijadikan cemilan oleh warga lokal. Makanan ini berupa gorengan berbentuk bulat yang terbuat dari campuran tepung terigu dan kanji. Di dalamnya diisi oleh sayuran. Agar memiliki sensasi rasa pedas, di dalamnya juga diberi tambahan cabai rawit. Namun, sekarang ini olos sudah hadir dengan berbagai isian yang lebih inovatif dan modern. Contohnya ada olos yang berisi sosis, ayam, dan keju. Jadi saat wisata kuliner di Tegal, pastikan anda mencicipi olos ini.



Tahu Aci

Wisata kuliner ke Kota Tegal belum lengkap kalau tidak mencicipi makanan khas ini. Tahu aci disebut juga tahu kuping atau tahu Tegal. Makanan ini terbuat dari tahu kuning yang dipotong melintang hingga berbentuk segitiga. Setelah itu tahu diberi adonan tepung kanji yang dicampur dengan bumbu dan potongan daun kucai. Tahu aci juga sering dijual di pusat oleh-oleh khas Tegal, jadi tidak sulit untuk berburu tahu ini.  


Sate Kambing Muda

Sebutan daging kambing muda untuk sate khas Kota Tegal ini adalah balibul atau batibul. Balibul merupakan kepanjangan bawah lima bulan, sedangkan batibul adalah bawah tiga bulan. Nah, saat anda wisata kuliner di Tegal dan ingin membeli sate kambing muda, tinggal pilih saja mau yang balibul atau batibul. Katanya sih, penggunaan daging kambing muda akan membuat teksturnya semakin empuk. Hmm…perlu anda cicipi sendiri deh untuk tahu seberapa empuk sih daging kambing muda yang diolah menjadi sate tersebut.




Kupat Glabed

Makanan khas ini hanya akan anda temui jika wisata kuliner di Kota Tegal saja. Jenis kupat ini merupakan makanan berkuah santan yang semakin nikmat disantap bersama kerupuk keriting dan sate blengong yang berbahan dasar daging blengong (persilangan antara entog dan itik). Selain santan, kuahnya diberi campuran tepung maizena sehingga teksturnya lebih kental. Anda bisa dengan mudah menemukan kuliner ini bila berjalan-jalan di daerah Alun-Alun Tegal.

Kupat Glabed terlihat mirip dengan Lontong Opor dengan ciri khas kuah kuningnya. Kata glabed berarti kental, tergantung dari jenis kuah yang digunakan, yaitu santan, yang rasanya enak. Keistimewaan Kupat Glabed yang paling mencolok adalah kerupuk kuningnya.

Itulah rekomendasi wisata kuliner di Tegal yang wajib Anda coba jika berkunjung ke sana atau sekedar singgah. Rasakan cita rasa khas Tegal yang akan membuat lidah Anda ketagihan. Anda juga akan kesulitan menemukan Warteg di Tegal, karena masih banyak restoran lain yang lebih menggiurkan.

Post a Comment for "Mengintip Wisata Kuliner Khas Tegal Terpopuler"