9 Tempat Wisata Di Magelang Terbaik

Kota yang dijuluki sebagai Adipura Kencana satu ini terkenal dengan salah satu destinasi yang masuk ke dalam 7 Keajaiban Dunia, apalagi kalau bukan Candi Borobudur. Meski begitu, kota ini memiliki berbagai tempat wisata yang tak kalah menarik, terdapat wisata alam, bahari, sejarah, kuliner, dan masih banyak lagi. Bagi kalian yang hendak berkunjung ke Magelang namun belum menemukan referensi, jangan khawatir, karena kami telah merangkum beberapa tempat yang patut dikunjungi. Berikut di antaranya :



Tempat Wisata Di Magelang


1. Bukit Rhema

Sudah pernah melihat film Ada Apa Dengan Cinta? Bila sudah pasti tak asing dengan bangunan yang ada di bukit ini. Bukit ini terkenal akan bangunan gereja dengan bentuk menyerupai ayam yang berdiri kokoh di atasnya. Gereja ayam ini memiliki beberapa lantai yang fungsinya berbeda-beda. Lantai bawah digunakan untuk tempat berdo’a, lantai kedua dan ketiga digunakan untuk spot para wisatawan menikmati indahnya pegunungan. Lalu, pada bagian puncak, merupakan bagian yang paling digemari, orang-orang menyebutnya mahkota ayam.

Lokasi Bukit ini masih ada di sekitar wilayah Borobudur, tepatnya di Dusun Gembong, Kembanglimus. Bukit Rhema beroperasi setiap hari pada pukul 05.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuknya pun terjangkau, hanya perlu mengeluarkan Rp 5.000 saja per kepala.



2. Candi Borobudur

Terletak sekitar 15 km ke arah barat daya Yogyakarta, Candi satu ini begitu dikenal oleh para wisatawan, bahkan oleh mancanegara. Lantaran Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang masuk di 7 Keajaiban Dunia. Jadi tak heran bila, tempat wisata ini tak pernah sepi didatangi oleh para wisatawan. Candi Borobudur terletak di sekeliling pegunungan Menoreh, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Candi Borobudur beroperasi pada pukul 08.00 – 15.00 WIB. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 50.000 untuk orang dewasa dan Rp 25.000 untuk anak-anak, para wisatawan dapat menikmati bangunan candi yang menarik, serta berbagai jenis fasilitas yang disediakan.



3. Curug Silawe

Bagi para wisatawan yang mencari destinasi wisata alam berupa air terjun, Curug Silawe ialah jawabannya. Curug satu ini amat dikenal oleh masyarakat Magelang, jadi tak heran bila setiap harinya tak pernah sepi oleh pengunjung. Air terjun Curug Silawe mempunyai ketinggian sekitar 50 meter, jadi tak heran bila saat di sana, kalian mendengar gemuruh air yang jatuh dengan keras.

Berlokasi di Dusun Kopeng, Sutopati, Kajoran, tiket masuk tempat wisata ini hanya dibandrol dengan harga Rp 5.000 saja.



4. Omah Pring

Bila mencari tempat wisata dengan berlibur sekaligus mencoba hal baru, Omah Pring adalah jawabannya. Di tempat wisata ini, para wisatawan dapat mencoba belajar membatik. Sesuai namanya, “Pring” yang berarti bambu, di tepi Kali Progo para wisatawan juga dapat melihat berbagai jenis rumah bambu dengan arsitekturnya yang khas dan unik. Selain itu, tempat wisata ini juga menyajikan kuliner yang dapat dinikmati dengan suasana asri nan damai.

Beralamat di Desa Wisata Candirejo dan masih sekitar Borobudur, Omah Pring beroperasi setiap hari pada jam 08.00  - 16.00 WIB.  Di sekitar tempat wisata ini terdapat Kali Progo yang menyediakan fasilitas rafting.  Jadi bagi para wisatawan yang tertarik dengan hal unik dan hal yang menantang, bisa sekaligus berkunjung ke dua tempat, karena keduanya masih satu ruang lingkup.



5. Bukit Grenden

Bagi para wisatawan yang gemar mengunjugi tempat wisata untuk menikmati sunrise dan sunset, Bukit Grenden adalah pilihan yang tepat.  Berlokasi di Pakis, tepatnya di Desa Pogalan, Bukit Grenden ini menyajikan berbagai spot foto yang unik dan kekinian.  Contohnya, gardu panjang, rumah kurcaci hingga gazebo yang dilengkapi dengan pernak-pernik yang begitu unik. 

Selain dilengkapi dengan spot foto dan pemandangan sunset juga sunrise yang memukau, tempat wisata ini menyajikan hutan pinus yang rimbun. Juga, bagi para wisatawan yang memiliki hobi mendaki, kalian bisa sekaligus mendaki ke Gunung Merbabu melewati Bukit Grenden, karena bukit ini merupakan salah satu jalur pendakian yang terdekat.

Tempat wisata ini buka setiap hari, untuk tiket masuk menuju Bukit Grenden terbagi menjadi dua macam, yaitu hari biasa seharga Rp 7.500 dan akhir pekan Rp 12.500.



6. Sendang Mudal

Sendang Mudal merupakan destinasi wisata yang terkenal akan kejernihan air di kolamnya. Sehingga tak heran bila banyak wisatawan yang memanfaatkan kelebihan ini untuk berfoto di dalam air kolam.

Sendang Mudal berlokasi di Dusun Butuh Kulon, Sawangan. Untuk menuju tempat ini, akses yang ditempuh tak begitu sulit. Para pengurus membuka tempat wisata ini pada pukul 08.00 – 17.00 WIB. Dengan membayar tiket yang termasuk terjangkau, hanya Rp 5.000 saja, para wisatawan  bisa sepuasnya menikmati indahnya kolam bening yang dikelilingi oleh pepohonan asri. 



7. Candi Mendut

Selain Candi Borobudur, Magelang juga memiliki Candi Mendut yang tak kalah menarik. Candi ini beralamatkan Desa Mendut, Kecamatan Mungkid. Letaknya tak jauh dari Candi Borobudur, hanya sekitar 3 km saja. Kedua candi ini terletak di satu garis lurus.

Saat memasuki area atas candi, akan disambut dengan aroma khas kemenyan dan bunga. Candi satu ini beroperasi setiap hari pada pukul 07.00 – 17.00 WIB.  Saat pergi ke Candi Mendut pada pagi hari, para wisatawan akan menyaksikan sunrise yang begitu apik. Begitu pula saat sore hari, akan nampak sunset berwarna jingga yang terletak di atas candi. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 saja, para wisatawan sudah bisa menikmati wisata sejarah yang menyajikan berbagai relief ini.



8. Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Saat hendak berlibur, banyak di antara kita yang menginginkan menikmati asyiknya tamasya sekaligus melepas penat. Salah satunya dengan memanjakan diri di pemandian. Bila kalian mencari destinasi wisata dengan tipikal tersebut, Candi Umbul ‘lah jawabannya.

Berlokasi di Grabag, tepatnya di Desa Kartoharjo, destinasi wisata ini merupakan pemandian air hangat yang tertua di Indonesia, jadi tak heran bila sangat populer oleh masyarakat sekitar. Selain itu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 saja untuk mendapatkan tiket masuk.

Selain dikenal dengan usianya yang tua, pemandian air hangat ini dikenal juga dengan kandungan belerangnya yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti penyakit kulit hingga mampu melancarkan peredaran darah.


9. Punthuk Setumbu

“Punthuk” memiliki arti bukit, sedangkan “Setumbu” memiliki arti tumbu, atau tempat nasi yang terbuat dari anyaman bambu. Masih berlokasi di Kecamatan Borobudur, salah satu destinasi wisata ini wajib didatangi bagi para wisatawan yang mencari wisata alam. Punthuk Setumbu menyajikan pemandangan yang begitu asri dan alami.  Selain disajikan oleh keindahan alam, di sini adalah spot terbaik untuk menyaksikan eksotisnya sunrise. Juga, terdapat spot-spot foto yang menarik di bagian puncak.

Para wisatawan dapat mengunjungi tempat ini setiap hari, namun jam operasionalnya berbeda. Pada hari Senin – Jum’at, buka pukul 04.00 – 17.00 WIB. Sedangkan saat hari Sabtu dan Minggu, tempat ini buka 24 jam. Tiket masuk yang ditawarkan cukup terjangkau, Rp 15.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 30.000 untuk wisatawan asing.

0 Response to "9 Tempat Wisata Di Magelang Terbaik"

Post a Comment