8 Tempat Wisata Di Jombang Hits Menarik

Jombang terletak tak jauh dari ibu kota Provinsi Jawa Timur. Hanya perlu menempuh 76 km saja, dalam waktu satu jam, sudah bisa tiba di Jombang. Selain Malang dan Surabaya, kota satu ini juga memiliki beragam destinasi wisata yang tak kalah menarik. Di Jombang, tersedia wisata alam, edukasi, kuliner, dan masih banyak lagi. Bila kalian hendak ke Jombang namun belum memiliki referensi untuk berkunjung ke mana, tenang saja, kami telah merangkum beberapa tempat yang sangat direkomendasikan. Berikut diantaranya :



Tempat Wisata Di Jombang


1. Bale Tani

Dengan mengeluarkan uang sebanyak Rp 10.000, para wisatawan sudah bisa menikmati agrowisata dengan fasilitas lengkap ini. Bale Tani yang terletak di Jl. Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Kecamatan Bareng ini dahulunya hanya digunakan sebagai pelatihan pertanian saja. Setelah berkembangnya zaman, para pengelola memutuskan untuk menjadikannya agrowisata. Di dalam Bale Tani, terdapat banyak tempat unik dengan nama bale juga. Di antaranya ialah Bale Ageng, Bale Alit, Bale Kempal, Bale Bengo’, dan Bale Pijat. 

Di setiap Bale memiliki kegunaannya masing-masing. Seperti halnya Bale Ageng atau Balai Besar yang digunakan sebagai tempat berlangsungnya acara musik yang diselenggarakan tiap akhir pekan. Bale Alit atau Balai Kecil digunakan sebagai area bermain anak-anak.

Selain disajikan dengan berbagai macam bale dan perbedaan kegunaannya, di Bale Tani ini para pengunjung dapat belajar tentang bagaimana caranya bertani, beternak, bahkan berbudidaya ikan tawar. Agrowisata lengkap ini juga menyajikan wahana outbond yang menantang dan berbagai macam spot foto yang telah disediakan oleh pengelola setempat.




2. Wana Wisata Sumber Biru

Bagi para wisatawan yang mencari destinasi wisata berkonsep suasana asri nan alami, Wana Wisata Sumber Biru ialah jawabannya. Tempat wisata ini berlokasi di Dusun Wonotirto, Kecamatan Wonosalam. Hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp. 5000 saja, kalian bisa menikmati asrinya pepohonan rindang juga aliran sungai yang jernih. 

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh tempat wisata ini ialah tempat untuk menyantap hidangan yang terletak di tengah sungai. Hal itulah yang menjadikan Wana Wisata Sumber Biru dikenal oleh para wisatawan. Dengan menggunakan konsep alam, para wisatawan bisa menikmati hidangan yang diberikan sekaligus menikmati indahnya alam sekitar. Selain terdapat tempat makan dengan konsep alam, terdapat juga kebun dan spot-spot foto menarik.




3. Klenteng Boo Hway Bio

Kota Jombang juga memiliki wisata religi yang wajib didatangi. Beralamatkan Jl. Belakang Pasar, Mojoagung, Kademangan, Klenteng Boo Hway Bio ini telah dibangun sejak tahun 1928 oleh orang-orang komunitas Tionghoa. Klenteng ini begitu khas dengan warnanya yang merah, halaman depan yang memiliki dua buah bangunan serupa dengan botol yang digunakan untuk membakar kertas do’a. Bangunan klenteng ini juga nampak apik dikarenakan dihiasi oleh gambar burung phoenix.

Selain karena bangunannya yang khas dan indah dipandang, klenteng yang beroperasi 24 jam ini memiliki satu fakta unik, yaitu sengaja dibangun guna menghilangkan aura negatif yang terdapat di persimpangan jalan. Juga, harap-harap dapat membantu kelancaran upaya dalam mengamalkan ajaran Tri Dharma.



4. Wisata Banyu Mili

Sesuai dengan namanya, “Banyu” dengan arti air dan “Mili” dengan arti mengalir, destinasi wisata satu ini menyajikan paronama alam berupa perairan. Para wisatawan dapat berkeliling kawasan sungai dengan menggunakan perahu dayung yang telah disediakan.

Selain itu terdapat juga pemandangan dari gunung yang begitu elok. Suasana yang begitu asri karena pengaruh pepohonan hijau dan air yang mengalir, membuat siapapun betah berlama-lama di tempat ini. Selain disuguhi oleh pemandangan alam dan suasananya yang asri, Wisata Banyu Mili ini juga menyediakan spot-spot foto yang masih bernuansa alam. Seperti contoh, rumah hobbit, gardu panjang, dan beberapa bangunan artistik bak lukisan, yang pastinya selalu ramai oleh mereka yang gemar mengabadikan liburan dengan berfoto. 

Harga tiket yang ditawarkan hanya sebesar Rp 5.000 saja. Wisata Banyu Mili ini terletak di Dusun Gondang, Carangwulung, Kecamatan Wonosalam.




5. Candi Rimbi

Candi yang terletak di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng ini merupakan destinasi wisata sejarah yang wajib dikunjungi.  Candi Rimbi yang berdiri kokoh di kaki Gunung Anjasmoro dengan luas sekitar 896,5 meter ini memiliki perbedaan di antara candi-candi yang lain, selain karena dibangun dengan menggunakan batu andesit, Candi Rimbi memiliki struktur bangunan yang telah mengalami kerusakan. Beberapa bagian candi nampak seperti runtuh. Kala itu, pengelola sempat melakukan pemugaran, namun karena tidak sesuai, mereka memutuskan untuk mengembalikan keadaan seperti semula. Lalu bila dilihat seksama, candi ini mempunyai gambaran Kerajaan Majapahit. 

Tanpa mengeluarkan sepeserpun biaya, para wisatawan bisa menikmati wisata edukasi ini dengan mempelajari sejarah sekaligus dapat melihat pemandangan yang memesona dari berbagai pohon yang mengelilingi candi.



6. Taman Keplaksari

Bila mencari tempat wisata yang memiliki konsep ramah lingkungan, Taman Keplaksari ialah jawabannya. Di taman ini, para wisatawan disajikan oleh puluhan patung binatang unik yang mana terbuat dari bahan-bahan yang telah didaur ulang. Seperti contohnya, Gajah dari Limbah Elektronik, Jerapah Kayu, Monumen Ban, Burung Merak, Domba Afrika dengan kayu bekas, dan masih banyak lagi. Terdapat juga danau buatan yang di dalamnya terdapat ikan hias, juga nampak dermaga berukuran kecil untuk naik perahu.

Taman ini berlokasi di Jl. Soekarno Hatta sebelum setelah pertigaan bila dari arah Kota Surabaya, rincinya di Dusun Nglungge, Desa Keplaksari, Kecamatan Petrongan. Di Taman Keplaksari, para pengunjung hanya perlu membayar parkira sebesar Rp 3.000 saja, lantaran tak ada biaya tiket masuk.



7. Pujasera Kebon Rojo

Bosan dengan wisata yang hanya bisa dinikmati oleh mata, Pujasera Kebon Rojo dapat memanjakan wisatawan dengan berbagai macam kuliner, sesuai dengan namanya, PUJASERA : Pusat Jajanan Serba Ada.  Berlokasi di Desa Kepanjen, Kecamatan Jombang, wisata kuliner ini menyajikan berbagai makanan khas, seperti pecel, bakso, soto, olahan ayam, mie goreng, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Saat menikmati hidangan yang disajikan, para wisatawan dapat juga merasakan suasana yang menyenangkan lantaran terdapat pepohonan rindang. 

Selain menyajikan makanan yang lezat, Pujasera Kebon Rojo juga menyediakan tempat untuk tenis, wahana permainan anak, dan dokar yang dapat membawa pengunjung melewati Jl. Dr. Soetomo, Pattimura, Gubernur Suryo, Ahmad Dahlan, dan kembali lagi ke wisata Kebon Rojo.  Wisata kuliner ini buka setiap hari dan tak akan pernah sepi. Bahkan, saat akhir pekan dan waktu libur nasional, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh mereka.




8. Kampung Durian

Tempat wisata satu ini sangat cocok bagi para wisatawan yang gemar mengonsumsi durian. Berlokasi di Desa Sumber, Kecamatan Wonosalam, Kampung durian ini menyajikan berbagai macam durian. Di wisata kuliner ini, para pengunjung tak hanya dapat melihat mengonsumsi durian saja, namun juga bisa melihat secara langsung pepohonan durian dan dapat memetiknya. 

Selain itu, di Kampung Durian ini juga membuat berbagai macam olahan kuliner dari durian, sehingga para wisatawan tak akan bosan dengan mengonsumsi durian secara langsung saja. Kampung Durian beroperasi setiap hari pada pukul 09.00 – 17.00 WIB dan hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 5.000 per orang untuk mendapatkan tiket masuk.

0 Response to "8 Tempat Wisata Di Jombang Hits Menarik"

Post a Comment