7 Tempat Wisata Di Majalengka Terpopuler

Majalengka merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat bagian Timur, yang mana berbatasan langsung dengan Kabupaten Indramayu dan Sumedang. Majalengka tak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya saat memasuki waktu liburan sekolah para pelajar. Tak perlu diherankan, karena di Kabupaten Majalengka ini terdapat banyak destinasi wisata yang menarik dan unik. Pun, juga karena kondisi geografis Majalengka yang bervariasi, sehingga menjadi daya tarik untuk dikunjungi. Maka dari itu, kami ulas beberapa tempat wisata yang menurut kami wajib dikunjungi bagi kalian yang hendak berlibur ke Kabupaten Majalengka. Berikut di antaranya :




Tempat Wisata Di Majalengka


1. Taman Wisata Bukit Alam Hejo

Taman Wisata Bukit Alam Hejo berada di Desa Pasirayu, Kecamatan Sindang. Sekitar 15 km dari pusat kota Majalengka atau sekitar 30 menit perjalanan. Letak wisata ini letaknya berada di kaki Gunung Ciremai.  Di taman wisata ini para wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000 (Senin-Sabtu) dan Rp 10.000 (Minggu atau hari libur) saja untuk menikmati berbagai wahana menarik, mulai dari kolam renang, outbond, ATV, panggung hiburan, dan kuda yang bisa ditunggangi. Wisata ini beroperasi setiap hari dimulai pada pukul 07.00 – 17.00 WIB. 

Selain dimanjakan dengan berbagai wahana menarik, Taman Wisata Bukit Alam Hejo ini juga menyediakan berbagai fasilitas lengkap berupa area parkir, toilet, mushola, warung, dan tempat penginapan. Untuk menuju ke tempat ini bisa menggunakan kendaraan pribadi lantaran akses jalan sudah baik dan terdapat penunjuk arah yang akan mempermudah perjalanan. 


2. Air Terjun Ibun Pelangi

Curug Ibun Pelangi merupakan destinasi wisata alam berupa aliran sungai dan air terjun yang mana diapit oleh dua tebing tinggi. Sesuai dengan namanya, para wisatawan akan diperlihatkan air terjun dengan sebuah pelangi, yang mana diakibatkan karena embun air sungai yang jatuh terkena oleh cahaya matahari.  Namun pelangi ini hanya akan muncul ketika hari masih cerah, sekitar pada pukul 08.00-10.00 dan 12.00-17.00 WIB. Hal ini yang membuat Curug Ibun Pelangi menarik bagi para wisatawan. Curug Ibun pelangi ini berlokasi di Desa Sukadana, Kecamatan Argapura dan beroperasi setiap hari mulai 06.00 – 17.00 WIB. Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan tiket hanya sebesar Rp 2.000 saja per orang.

Selain itu, di Curug Ibun Pelangi  juga menyuguhkan pemandangan lain berupa goa dan tebing yang mirip dengan Grand Canyon di kawasan Pangandaran yang begitu memukau. Disarankan bila mengunjungi destinasi wisata alam ini pada saat musim kemarau saja. Dikarenakan saat musim hujan, ditakutkan dapat mendatangkan air bah dan tidak akan bisa melihat munculnya bias pelangi. 




3. Perkebunan Teh Cipasung

Jawa Barat dikenal dengan perkebunan tehnya, tak heran bila para wisatawan seringkali meletakkan perkebunan teh ke dalam list kunjungan mereka. Bicara tentang perkebunan teh, Majalengka mempunyai Perkebunan Teh Cipasung yang terletak di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih. Meski harus menempuh perjalanan sejauh 52 km atau sekitar 2 jam dari pusat Kota Majalengka, namun saat tiba di perkebunan teh ini, para wisatawan akan disambut dengan pemandangan alam yang menajubkan lantaran perkebunan ini terletak di lereng Timur Gunung Cakrabuana.

Dengan luas sekitar 58 hektar, para wisatawan akan dimanjakan dengan udara perkebunan teh yang sejuk, membuat siapapun betah berlama-lama untuk tinggal.  Juga, telah tersedia beberapa fasilitas seperti mushola, toilet dan warung makan yang menyajikan berbagai makan minuman. Disarankan untuk mengunjungi tempat ini saat musim panen telah tiba, agar bisa melihat para petani memetik daun teh. Untuk memasuki tempat wisata ini, para wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 3.000 saja. 


4. Kolam Renang Balong Sang Raja

Beroperasi setiap hari pada pukul 08.00 – 21.00 WIB, Kolam Renang Balong Sang Raja ini tak pernah sepi oleh para pengunjung. Pasalnya objek wisata satu ini menyajikan kolam dengan air yang jernih meski warnanya seragam dengan pepohonan di sekitarnya. Suasana sejuk nan asri akibat rindangnya pepohonan, membuat siapapun betah untuk melepas penat di tempat ini. Selain menyajikan jernihnya air kolam dan sejuknya hutan, destinasi wisata satu ini juga terdapat beberapa spot foto, area outbond games, dan tugu peninggalan Belanda.

Agar dapat menuju ke lokasi, para wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Akses untuk menuju Kolam Renang Balong Sang Raja tak sulit dan alamatnya sudah tersedia di google map, yaitu di Jl. Pasukan Sindangkasih No. Km. 1, Sindangkasih, Kecamatan Cigasong.




5. Petilasan Prabu Siliwangi

Bila mencari tempat liburan  yang tak hanya menyajikan satu jenis wisata saja, para wisatawan wajib menyematkan Petilisan Prabu Siliwangi ini ke dalam list wisata. Karena tempat ini tak hanya menyajikan wisata alam, namun juga wisata air dan budaya. Berlokasi di Desa Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, cukup mengeluarkan biaya Rp 20.000 saja, para wisatawan sudah menikmati nuansa alaminya hutan kecil yang sejuk. Di tempat ini, terdapat 2 macam telaga, yaitu Telaga Emas dan Telaga Pancur yang bisa dijelajahi dengan menggunakan becak air.

Sesuai dengan namanya, “Petilisan” yang berarti tempat persinggahan seorang raja, tempat ini juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai tempat ritual. Ritual tersebut biasanya dilakukan untuk meningkatkan kesaktian atau penenangan diri. Petilisan Prabu Siliwangi beroperasi 24 jam setiap hari. 


6. Agro Batu Luhur

Agro Batu Luhur merupakan destinasi wisata alam yang menyajikan pemandangan menajubkan.  Salah satunya pemandangan gunung dan bebatuan tinggi yang katanya sudah berada di tempat ini sebelumnya. Selain dimanjakan oleh indah dan aasrinya pemandangan, pengelola tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas untuk berkemah dan flying fox dengan harga tiket Rp 20.000 saja. Panjang lintasan flying fox ini sekitar 200 meter.

Untuk lokasinya, terletak di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan dan dapat dilaju dengan transportasi umum ataupun mobil/motor pribadi. Agro Batu Luhur ini beroperasi 24 jam  setiap hari. Fasilitas umum yang diberikan juga tak kalah lengkap, terdapat tempat penginapan, rumah makan, cafetaria, toilet dan masjid.




7. Wisata Paralayang Gunung Panten

Berlokasi di Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka, wisata ini cocok bagi wisatawan yang gemar mengunjungi destinasi daratan tinggi dan memicu adrenaline. Sesuai dengan namanya, wisata ini menyajikan paralayang yang membawa wisatawan ke atas langit dan menikmati pemandangan yang begitu menajubkan. Walaupun harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal, yaitu sebesar Rp 450.000, namun bila dirasakan sebanding dengan harga yang dibayar. 

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati wisata ini tanpa harus mencoba paralayang juga bisa, karena selain paralayang, tempat wisata ini juga menyajikan outbond, paintball, ATV, flying fox, dan yang lainnya yang hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 7.000 saja. Terdapat juga restoran, cafe dan tempat bersantai sembari menikmati keindahan kota Majalengka. Untuk menuju Wisata Paralayang Gunung Panten ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 7 km dari alun-alun Majalengka. Bisa menggunakan transport umum maupun pribadi.

0 Response to "7 Tempat Wisata Di Majalengka Terpopuler"

Post a Comment