Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Perubahan musim dari musim kemarau ke musim penghujan buat badan mesti menyesuaikan dengan suhu serta kelembapan udara yang berlainan dari mulanya. Sistem penyesuaian badan pada perubahan musim sering buat badan jadi rawan pada masalah kesehatan. Terlebih waktu musim penghujan tiba, banyak penyakit yang dapat menyerang kekebalan badan apabila tidak dijaga dengan baik jadi peluang terjangkit penyakit semakin lebih besar.


Bermacam-macam penyakit yang seringkali menyerang manusia saat musim hujan salah satunya yaitu demam, flu, batuk, sesak nafas, penyakit kulit, diare sampai DBD. Jika penyakit itu menyerang badan, pasti badan jadi tidak fit serta kesibukan juga jadi terganggu. Lalu, bagaimana caranya supaya badan tetaplah sehat waktu musim hujan tiba? Info tips menghidangkan sebagian panduan seperti di bawah ini :

1. Bersihkan Lingkungan

Waktu musim hujan, lingkungan jadi lebih gampang kotor dibanding waktu musim kemarau. Ini karena sebab kelembapan udara yang tinggi buat sampah-sampah jadi gampang membusuk serta pada akhirnya jadi sarang kuman. Oleh karenanya bersihkan lingkungan dari beberapa tempat yang mungkin saja disukai oleh kuman/bakteri.

Misalnya lewat cara mengubur sampah, tutup tempat penampungan air, menumpuk lubang yang punya potensi buat air hujan digenangi, serta memotong rumput serta ranting-ranting yang telah mulai rimbun. Lingkungan yang kotor, lembab, serta teduh juga akan mengundang nyamuk penyebabnya demam berdarah berkembang biak.

2. Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C begitu baik untuk melindungi kestabilan kebal badan manusia. Kekebalan badan yang lemah susah untuk menyesuaikan dengan perubahan suhu serta rawan pada serangan penyakit. Oleh karenanya, disarankan untuk konsumsi minuman dan makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, buah naga, strawberry, dsb. Mengkonsumsi vitamin C dengan teratur juga akan meyakinkan keperluan badan Anda juga akan vitamin C terpenuhi, hingga selanjutnya juga akan menolong tingkatkan peranan system imun Anda.

3. Makan Saat Lapar

Waktu musim penghujan, nafsu makan jadi semakin besar dari umumnya. Ini karena sebab suhu yang dingin. Tapi sayangnya, waktu musim hujan metabolisme badan jadi lebih lambat dari umumnya. Pikirkan, apabila Anda menuruti nafsu makan Anda yang menggelora tetapi tidak didukung dengan sistem metabolisme yang baik, pasti juga akan berbuntut pada obesitas/kegemukan.

Atur langkah makan serta posrsi makan Anda. Upayakan tidak untuk menuruti hasrat kunyah waktu perut belum juga merasa lapar. Perut yang diiisi terus-terusan tanpa ada pembakaran yang seimbang pada badan pasti akan tidak berikan efek positif untuk kesehatan Anda.

4. Banyak Minum Air Putih

Sering kita meremehkan untuk konsumsi air putih yang cukup waktu musim hujan. Mungkin saja penyebabnya karna waktu musim hujan udara jadi dingin hingga rasa haus tidak sering berlangsung. Kenyataannya musim hujan ataupun musim kemarau, keperluan badan juga akan air tetaplah sama.


Janganlah berfikir badan cuma perlu air waktu Anda haus. Tapi berfikirlah kalau semua yang Anda makan juga akan diolah dengan baik jika ada air yang cukup pada badan. Jadi anjuran, pastikan minuman hangat waktu pada musim penghujan seperti teh tawar hangat atau wedang jahe.

5. Gunakan Baju yang Tertutup serta Tidak Tipis

Baju dapat juga memengaruhi kesehatan Anda waktu musim penghujan. Baju memiliki bahan tidak tebal kurang maksimum untuk melindungi badan Anda supaya tetaplah hangat. Terlebih apabila kesibukan Anda menuntut Anda ada diluar ruang lebih lama. Baiknya tentukan serta gunakan baju memiliki bahan tidak tipis seperti rajutan wol serta katun super untuk hindari Anda dari rasa dingin terlalu berlebih. Itulah tips menjaga kesehatan saat musim hujan. 

Semoga Bermanfaat!

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel