Sunday, November 25, 2018

Cara Membuat Jus Brokoli Dan Manfaat Untuk Kesehatan

Brokoli salah satu sayuran hijau yang tak banyak disukai orang. Walaupun rasanya agak pahit,tetapi sebenarnya manfaat brokoli untuk kesehatan sangatlah banyak dan baik untuk kesehatan. Bila kita biasanya hanya menemukan brokoli sebagai sayur. Tetapi,sebenarnya brokoli bisa dijadikan bahan alternatif lain untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah menjadikan brokoli menjadi jus yang segar dan lezat.

Untuk resep membuat jus brokoli sendiri sangat mudah ditemukan,serta cara pembuatannya yang tidak rumit. Membuat banyak orang memilih jus brokoli sebagai bahan alternatif,agar bisa menyukai brokoli tanpa harus dimakan sama sekali. Maka dari itu tak ada salahnya bukan untuk mencoba jus brokoli?

Cara Membuat Jus Brokoli Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Segudang khasiat jus brokoli untuk kesehatan di bawah ini,wajib anda ketahui. Tapi,sebelum membahas beberapa khasiat manfaat dari jus brokoli. Ada baiknya,kami membagikan tips membuat jus brokoli segar dahulu. Berikut informasi menariknya untuk anda semua yang merupakan pecinta vegetarian atau mungkin ingin mencoba jus brokoli.


Resep Jus Brokoli
  • 600 gram jus brokoli segar
  • 500 ml air matang
  • 300 ml perasan jeruk manis
  • es batu secukupnya
Cara Membuat Jus Brokoli
  1. Ambil 600 gram brokoli segar,cuci brokoli hingga bersih.
  2. Kemudian potong brokoli dan batangnya.
  3. Masukan brokoli ke dalam blender,masukan perasan jeruk manis agar tidak pahit,serta es batu secukupnya.
  4. Nyalakan blender,tunggu hingga semuanya halus.
  5. Jus brokoli pun siap diminum.

Manfaat Jus Brokoli Untuk Kesehatan


1. Membantu Mencegah Kanker

National Cancer Institute telah berbicara tentang hubungan antara sayuran (terutama brokoli) dan kanker dengan sangat rinci. Sayuran ini mengandung glucosinolates, bahan kimia yang memiliki belerang. Selama memasak, mengunyah, dan pencernaan, glucosinolates ini dipecah untuk membentuk senyawa aktif biologis-salah satu dari mereka menjadi indole-3-carbinol, dengan sifat antikanker yang kuat.

Sebuah penelitian tentang brokoli dan sayuran lain yang dapat membantu mencegah berbagai bentuk kanker, kanker prostat, paru-paru, payudara, dan usus besar. Senyawa dalam brokoli mmbantu untuk pencegahan kanker lain adalah sulforaphane, atau belerang organik alami. Sulforaphane mendukung fungsi sel normal dan divisi dan bahkan meningkatkan apoptosis (kematian sel diprogram) pada sel-sel kanker. Penelitian mengatakan bahwa hanya 3 porsi brokoli seminggu dapat mengurangi risiko kanker oleh 60 persen.


2. Menurunkan Berat Badan
Brokoli sayuran yang memiliki kalori rendah dan karena itu dapat menjadi  ideal untuk menurunkan berat badan. Dan ya, brokoli adalah sumber yang baik serat-itu membuat Anda tetap penuh untuk jangka panjang dan menghambat berlebihan. Ini hanya bisa membuat jalan Anda untuk menurunkan berat badan sedikit halus.


3.Meningkatkan Kesehatan Jantung
Brokoli membuat pembuluh darah kuat,  merupakan salah satu cara yang meningkatkan kesehatan jantung. Sulforaphane dalam sayuran dapat mencegah dan bahkan membalikkan kerusakan untuk lapisan pembuluh darah yang disebabkan oleh masalah kronis gula.

Sebuah studi menemukan bahwa asupan brokoli bisa meningkatkan kemampuan memompa darah jantung Anda. Hal ini juga mengurangi kerusakan ke jantung selama kekurangan oksigen . Sejumlah penelitian lain juga kaitkan konsumsi brokoli dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner. Sayuran ini dapat mengurangi peradangan dan oksidasi dari arteri pada individu yang rawan stroke.

4. Meningkatkan Kesehatan Hati
Brokoli telah ditemukan untuk mencegah kanker hati dan bahkan membantu sekali. Kecambah brokoli dapat meningkatkan tingkat enzim detoksifikasi dan melindungi hati dari kerusakan. Sayuran ini juga bisa mencegah gagal hati. Makan 4 porsi brokoli dalam seminggu dapat menjaga kesehatan hati kita.

5. Mengobati Alergi
Sebuah penelitian telah menemukan saat mengambil brokoli selama 3 hari mengakibatkan 200 persen peningkatan dalam produksi protein yang menghasilkan antioksidan dalam sel hidung. Dan ini dapat membantu menyembuhkan alergi.

Brokoli bahkan dapat membantu mengobati kondisi lain alergi (dan pernapasan) seperti asma. Sulforaphane dalam sayuran ini memicu pelepasan enzim antioksidan dalam saluran manusia menawarkan perlindungan dari radikal dan polutan lain yang kita hirup setiap hari.



Itulah artikel tentang Cara Membuat Jus Brokoli Dan Manfaat Untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui,agar anda selalu terjaga kesehatannya bila mengkonsumsi jus brokoli. Semoga bermanfaat,terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa untuk share artikel ini.

Hanya seorang penulis amatir yang ingin berbagi informasi menarik setiap hari.


EmoticonEmoticon